Menag Lukman Pilih Menginap di Kantor Haji daripada Hotel Mewah

Harga Hotel Murah –¬†Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin malas bermalam di hotel elegan waktu bertugas di Arab Saudi, hal semacam ini nyatanya sama dengan beberapa th. terlebih dulu. Pada musim haji seperti saat ini jadi Amirul Hajj, dia lebih pilih bermalam di Kantor Masalah haji Indonesia.

Waktu ada di Mekah umpamanya, Menag Lukman pilih tinggal di Kantor Masalah Haji Indonesia Daerah Kerja (Daker) Mekah. Gedung ini tidaklah terlalu elegan. Diliat seperti bangunan tua, tetapi masih tetap layak jadi kantor serta rumah beberapa petugas haji Indonesia. Penginapan Murah

Ruang yang dihuni Menag juga tidak ada yang istimewa. Cuma ada tempat tidur serta tv, sama dengan petugas haji yang lain.

Tidak cuma di Mekah, waktu ada di Madinah juga sama. Menag pilih bermalam di Kantor Masalah Haji Indonesia Daker Madinah. Tetapi, untuk kantor Madinah ini semakin bagus bangunannya bila dibanding kantor di Mekah. Kantor yang digunakan untuk Daker Madinah yaitu sisa apartemen.

” Hotel agar untuk jemaah saja, ” kata Menag waktu didapati di Kantor Daker Madinah, Jumat (8/9/2017).

Menurut Menag, dia tidak ingin sarana yang didapat dianya serta petugas haji beda semakin bagus dibanding dengan jemaah haji Indonesia. dia menyebutkan, prioritas tetaplah pada jemaah haji.

” Sarapan serta makanan yang dihidangkan juga sama. Apa yang dikonsumsi petugas beda juga sama yang aku makan. Kita makan dari dapur yang sama, ” tutur Lukman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini :

Tidak Ada Keistimewaan

Tidak ada yang istimewa dari ruang Menang. Koper tempat menaruh baju juga tertulis koper petugas haji. Ia tidak bawa koper spesial. Bahkan juga untuk masalah melipat baju, Menag mengerjakannya sendiri.

Mulai sejak diangkat jadi Menteri Agama, saat bertugas jadi Amirul Hajj, Lukman tidak sempat membawa keluarga untuk berhaji. Termasuk juga istri. Menurut dia, yang memiliki hak pergi ke Tanah Suci yaitu jemaah haji serta petugas.

” Bila keluarga kan bukanlah termasuk juga keduanya. Aku mengaplikasikan benar yang pergi (haji) yang memiliki hak saja. Prinsipnya yaitu keadilan. Karna diluar sana ada antrean panjang. Terkecuali jemaah serta petugas dilarang memakai kuota, ” papar dia.

Sepanjang tiga minggu bertugas di Arab Saudi, beberapa hal dikerjakan sendiri karna diakuinya telah punya kebiasaan mandiri.

Lukman tidak menolak sepanjang menggerakkan tugasnya di Arab Saudi rindu pada keluarganya di Tanah Air.

” Iya (rindu), ” tuturnya seraya tersenyum.¬†Baca Juga : Hotel Murah di Jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *